Powered By Blogger

Senin, 22 Februari 2010

Unsur Horizontal Ruang

Bidang Dasar


Penggunaan karpet pada lantai adalah salah satu unsur horizontal bidang dasar.. Sebuah bidang datar horizontal yang terletak sebagai suatu figur di atas latar belakang yang kontras membentuk suatu daerah ruang sederhana. Agar bidang datar horizontal dapat dilihat sebagai suatu figur, maka harus ada perbedaan yang menyolok dalam hal warna, gelap terang, atau tekstur antara bidang datar tersebut dengan sekelilingnya.Penegasan permukaan tanah atau lantai sering digunakan dalam arsitektur untuk menetapkan daerah ruang yang berada di dalam ruang yang lebih besar.


Penggunaan karpet pada lantai adalah salah satu unsur horizontal bidang dasar,yang membedakan suatu ruangan (sebagai pemisah tanpa sekat)







google search: ruang keluarga











Bidang Dasar Dinaikkan


Bidang datar horizontal yang diangkat atau dinaikkan dari permukaan tanah akan menimbulkan permukaan vertikal sepanjang sisi-sisinya yang memperkuat pemisahan visual daerah tersebut dari dasar di sekitarnya.Tingkat di mana ruangan dan kontinuitas visual tetap dipertahankan antara ruang yang ditinggikan dengan sekehlingnya, tergantung pada skala perubahan ketinggiannya.


-penggunaan bidang dasar dinaikkan, pada altar, dapat memberi pemisahan suatu ruangan,,









google search: altar


Bidang Dasar Diturunkan


Seperti halnya dengan Garden Park, sebuah bidang datar horizontal yang diturunkan ke bawah permukaan tanah, menggunakan permukaan-permukaan vertikal pada daerah yang direndahkan untuk membentuk suatu volume ruang. Penambahan kedalaman bidang yang diturunkan melemahkan hubungan visual bidang tersebut dengan ruang di sekelilingnya dan memperkuat definisi bidang itu sebagai volume ruang yang berbeda.

Jika bidang dasar asalnya berada di atas level mata kita, maka bidang yang diturunkan menjadi sebuah ruang yang terpisah dan berbeda didalamnya.Tindakan membuat tangga menuju suatu ruang yang ditinggikan dapat menimbulkan sifat ekstrovert ruang (menonjolkan arti penting suatu ruang). Membuat rendah suatu ruang di bawah ruang di sekelilingnya dapat memberikan sifat introvert atau sifat menaungi dan melindungi.

google search: garden park

Bidang Atas (Overhead)


Sebuah bidang datar horizontal yang diletakkan tinggi di atas membentuk volume ruang di antara bidang tersebut dan permukaan tanah di bawahnya.
Sebuah bidang atas punya kemampuan untuk mendefinisikan volume ruang yang diskrit secara virtual oleh dirinya sendiri.





























google search: atap datar


Daftar pustaka
(sumber)
google search
buku pedoman arsitektur
buku estetika bentuk


Tidak ada komentar:

Posting Komentar