Rabu, 06 Januari 2010

Arsitektur Romanticism







Romanticism adalah gerakan kompleks dalam seni dan sastra, serta merupakan gerakan intelektual yang berasal dari pertengahan kedua pada abad 18 di Eropa Barat, dan memperoleh kekuatan selama Revolusi Industri. Gerakan ini menekankan emosi yang kuat sebagai sumber dari pengalaman estetika, lalu menempatkan penekanan pada rasa kegemparan, kengerian dan kekaguman, terutama pada pengalaman menghadapi keelokan alam yang indah dan berkualitas.


Sepanjang Romanticism seni arsitektur konsisten menjalankan dua prinsip :

* Sebuah rasa yang dapat menembus perpecahan dalam diri manusia yang sama
* Pengalaman yang dapat meliputi keinginan untuk melepaskan diri




Romanticism tidak menghasilkan penyatuan gaya seni karena Romanticism bernilai ungkapan pribadi bukan ketaatan kepada konvensi yang ditetapkan. Romanticism lebih ke sebuah sikap pikiran, serta keinginan untuk menjelajahi kedalaman keinginan manusia yang diyakini akan ideal dan harmonis.






Dalam arsitektur, Romantisisme dapat dilihat dalam dua cara. Yang pertama adalah idealisasi gagasan tertentu, yang kedua cara Romantisisme mengungkapkan idealisasi ini. Dalam pengertian psikologis, untuk melihat sebuah bangunan, ia harus cukup sederhana dalam unsur-unsur untuk membentuk suatu totalitas. Arsitektur menjadi romantis ketika gaya dekorasi dari rincian atau keseluruhan bentuk konflik yang bersimpati dengan kesadaran rasional. Romantisme melepaskan diri dari kenyataan dan keteraturan dan pada dasarnya adalah tentang perasaan dan imajinasi, sehingga menghasilkan detail yang berlimpah.




Janův castle (Janohrad) yang dirancang oleh arsitek Johann I Hardtmuth untuk Liechtenstein merupakan salah satu contoh Arsitektur Romanticism yang dibangun antara tahun 1807-1810 yang menyerupai sebuah benteng gaya inggris kehancuran. Sebuah ruangan besar mengambil area frontal bangunan, dengan kamar yang berdampingan dihiasi oleh lukisan dinding hias.





Lärkstaden

Selain itu, Lärkstaden adalah salah satu contoh dari Arsitektur Romantis Nasionalis, yang merupakan lingkungan kecil yang ditetapkan oleh Hallmann Olof Engelbrektskyrkan tepat di belakang, kira-kira antara Odengatan, Valhallavägen, dan Danderydsgatan. Bangunan terlihat unik dengan batu bata yang menawan dan dengan ruang loteng aneh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar